Proses Molding


Injection Molding

Proses ini menggunakan bahan tiga dimensi dengan kualitas yang tinggi. Proses awalnya dimulai dengan melelehkan plastik ke dalam wadah material. Lalu plastik tersebut disuntik ke dalam cetakan tertutup rapat. Plastik ini akan mengisi bentuk sesuai dengan cetakan yang ada. Setelah selesai cetakan dapat dibuka. Contoh penggunaan jenis molding ini adalah tutup botol.

Blow Molding

Proses yang digunakan untuk pembuatan pipa dan botol susu. Plastik dipanaskan hingga meleleh. Cetakan tersebut memiliki tabung yang terpasang didalamnya. Jadi ketika plastik telah meleleh, lalu udara akan ditiupkan ke dalam cetakan yang sudah berbentuk seperti yang diinginkan. Setelah material tersebut dingin, barulah bisa dikeluarkan dari cetakan.

Compression Molding

Jenis molding ini sangat sering digunakan dengan proses molding yang terkompresi. Proses ini umumnya digunakan untuk keperluan produksi dalam skala besar. Misalnya lambung kapal dan ban mobil yang menggunakan teknik Compression Molding. Material plastik cair dituangkan ke dalam cetakan, kemudian cetakan tersebut diberikan tekanan hingga material tersebut terbentuk sesuai dengan cetakan.

Rotational Molding

Salah satu contoh dalam teknik Rotational Molding adalah untuk pembuatan mainan anak-anak, drum, tangki, serta perabot rumah tangga. Setiap produk yang dihasilkan dengan melapisi cetakan dari dalam. Cetakan tersebut disangga diantara kedua lengan mekanis. Kemudian lengan mekanis tersebut akan memutar cetakan secara konstan hingga material plastik tersebut terbentuk.

Casting

Proses molding ini hanya memerlukan teknologi yang sederhana dengan memanaskan material bahan hingga berbentuk cairan. Selanjutnya cairan tersebut dimasukkan kedalam cetakan, lalu dibiarkan dingin dan mengeras.




Salah satu produk MULTI PRIMA GEMILANG adalah Molding. Produk molding tersebut bisa digunakan untuk produksi industry skla kecil, menengah atau besar. MULTI PRIMA GEMILANG menerima jasa pembuatan molding custom sesuai dengan yang custemer inginkan dari bentuk/desain, matrial, quantity dll.

Untuk tarif pembuatan molding tergantung dari bahan/ material yang digunakan, tingkat kesulitan proses maupun desain.